Kamis, 15 Juni 2017

Manfaat Bunga Merak Untuk Kesehatan Tubuh

BUNGA MERAK
===========>>
Bunga merak adalah jenis bunga hias yang dipercaya berasal dari negara Afrika. Jenis bunga yang satu ini berwarna kuning keemasan. Maka tak heran jika kecantikannya dibuat sebagai tanaman hias untuk memberikan tampilan yang unik di sekitar rumah. Hal ini membuat banyak orang yang hanya mengetahui bunga merak sebagai bunga hias saja. Padahal ada beberapa khasiat herbal dari dalam bunga ini yang bisa Anda jadikan obat untuk mencegah penyakit.

Kembang Merak, Pecinta tanaman hias pasti sudah tau tentang tanaman ini, kenapa demikian ? karena memanglah tanaman ini dapat menghiasi halaman rumah menjadi tampak lebih cantik dan indah. Tapi tidak berhenti disitu saja, jika kita tau detail tanaman ini tidak hanya bisa dimanfaatkan hanya sekedar hiasan lo .. tapi bisa kita olah menjadi obat herbal untuk mengatasi beberapa keluhan kesehatan dan juga mampu atasi masalah stamina ketahanan organ vitalitas karna ternyata bunga merak ini memiliki manfaat serta khasiat yang sama dengan Titan Gel yaitu di samping mampu mempekasa juga mampu menambah daya gedor ereksi stamina tubuh yang maksimal dan alami . Maka dari itu tidak lupa saya cantumkan di blog tercinta ini untuk mengulas sisi manfaat dan khasiat dari segi Obat Herbal. Tidak lain dan tidak bukan ini semua untuk para herbal lovers sekalian agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat membantu mengurangi masalah kesehatan anda sekalian.

Kandungan Manfaat dan Khasiat Kembang Merak Bagi Kesehatan - Kembang atau Bunga Merak merupakan tumbuhan asli yang berasal dari Asia dan Afrika. Masih dalam kerajaan Plantae, Kembang merak mempunyai nama latin Caesalpinia pulcherrima. Dan Tanaman ini banyak didapat di pekarangan atau depan rumah yang sekaligus dijadikan tanaman hias yang indah. Selain kegunaan tersebut, ternyata ada fungsi lain yang bisa digunakan sebagai obat atau jamu tradisional.

Ciri atau deskripsi dari tanaman kembang merak sebenarnya sangat sederhana saja. Batang perdu berkulit putih, Daun majemuk menyirip genap, Bunga berwarna merah bercampur kuning, Dan buahnya berbentuk kacang polong namun pipih. Namun yang ditanyakan disini adalah : Apa saja kandungan senyawa kimia pada kembang merak? Dan Apa saja manfaat serta khasiat untuk kesehatan

 Kembang Merak (Caesalpinia pulcherrima [L.] Sw.) tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan, tumbuhan ini biasa ditanam ditaman-taman atau pekarangan rumah sebagai tanaman hias,kadang ditemukan tumbuh liar. Tumbuhan ini merupakan perdu tegak, tinggi 2-4 m, banyak bercabang dengan ranting kadang berduri tempel. Kayunya berwarna putih, padat, dan liat.daunnya berupa daun majemuk menyirip genap, ganda dua dengan 4-12 pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sungsang,ujungnya bulat, pangkal menyempit, tepi rata, permukaan atas berwarna hijau, permukaan hijau kebiruan, panjang 1-3,5 cm sedangkan lebar 0,5-1,5 cm. Pada malam hari daun akan menguncup. Memiliki bunga majemuk yang tersusun dalam tandan yang panjangnya 15-50 cm, warnanya merah atau kuning. Buahnya buah polong, pipih, panjang 6-12 cm, lebar 1,5 cm,berisi 1-8 buah biji yang dapat dimakan.Buah yang sudah tua warnanya hitam.


manfaat dan khasiat bunga merak, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan bunga ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Anti inflamasi

Manfaat bunga merak yang pertama yaitu sebagai bunga yang mengandung senyawa anti inflamasi. Fungsi anti inflamasi akan membantu Anda untuk mengatasi gejala penyakit radang, sepert radang tenggorokan dan radang usus.

2. Pelancar haid

Khasiat bunga merak mampu menjadi bahan herbal yang membantu kaum hawa dalam melancarkan haid. Anda perlu mewaspadai jika haid Anda mempunyai siklus yang tidak lancar. Itu tandanya Anda mengalami gangguan kesehatan, terutama pada organ reproduksi.

3. Mengatasi Perut Kembung
Daun kembang merak, alang-alang, dan bawang putih dengan takaran seperlunya saja ditumbuk sampai menjadi bubur. Pakailah bubur ramuan tersebut untuk dibalurkan pada bagian perut yang kembung.

4. . Mengobati Radang Hati
Rebus air 400 cc dengan daun kembang merak secukupnya lalu masukan 30 gr daun serut/ mirten. Bila sudah mendidih biarkan sejenak sampai air surut kurang lebih separonya. Setelah itu baru bisa disaring dan minum airnya saat masih hangat. Atau bisa dengan cara merebus 1 genggam daun kembang merak yang masih segar dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Lalu bagi menjadi 3 untuk diminum 3 kali minum dengan takaran ½ gelas sekali minum.

5. Mengatasi penyakit diare

Manfaat bunga merak bisa Anda jadikan herbal alami untuk mengatasi penyakit diare. Kandungan senyawa sehat yang ada di dalam bunga ini akan membuat pencernaan Anda terbebas dari sejumlah bakteri penyebab diare.

6. Menyembuhkan sariawan

Siapa sangka jika bunga merak bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Kandungan kimia dalam beberapa senyawa pada bunga ini akan membantu mempercepat penyembuhkan sariawan dan menutup luka sariawan Anda.

7. Menguatkan tulang

Tulang yang sehat serta kuat akan membuat tubuh Anda tidak mudah diserang osteoporosis. Untuk mendapatkan kesehatan tulang yang baik, Anda dapat mencoba bunga merak. Kandungan alami dalam bunga ini sangat baik untuk menyehatkan tulang Anda.

 Kandungan zat atau senyawa kimia yang bisa didapat dari kembang merak ini cukup banyak dan bervariasi, Pada bunga terdapat : Tanin, Gallic acid, Resin, Zat merah dan Benzoic acid. Sedangkan pada daunnya terkandung : Alkaloid, Saponin, Tanin, Glucoside, dan Calcium oksalat. Dan pada kulit ada : Plumbagin, Lumbagol, Tanin, Zat samak, Alkaloid, Saponin, dan Calsium Oksalat. Nah dari beberapa kandungan tersebutlah Bunga Merak ini terbukti ampuh untuk menyembuhkan penyakit.

 Khusus bagi wanita yang sedang hamil atau sedang mengandung, tidak diperbolehkan mengkonsumsi ramuan dari daun kembang merak.

Begitu lah sedikit ulasan tentang cara memanfaatkan Tanaman Daun kemabang merak. Biarpun terkenal sebagai tanaman hias, tidak tertutup kemungkinan untuk dimanfaatkan dari segi herbal pengobatannya. Hanya saja perlu pengetahuan yang cukup untuk mengolahnya agar menjadi tanaman obat herbal. Semoga saja apa yang saya telah bagi tentang manfaat dan khasiat daun kembang merak , ya walau hanya sebatas pengetahuan saya sih !! tapi siapa tau dapat berguna secara maksimal serta menambah wawasan untuk anda sekalian herbal lovers.

Tidak hanya bunganya saja yang mempunyai manfaat kesehatan, tapi juga bagian daun dan bunganya. Beberapa kandungan alami seperti plumbagin, lumbago, zat samak, saponin, alkaloid, zat merah, resin, tanin, glucoside, dan yang lainnya ada di dalam bunga cantik ini. Jika Anda mencari bahan herbal yang alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh, cobalah menggunakan bunga yang satu ini. Kesehatan tubuh Anda pun akan lebih terjaga.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN VIA TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI